REVIEW FILM: Annie Hall (1977)

Posted on Thursday, May 31, 2018 by Elfrida


SINOPSIS
Alvy Singer (Woody Allen) adalah seorang stand-up komedian yang tinggal di New York. Suatu hari, dia bertemu dan jatuh cinta dengan Annie Hall (Diane Keaton).

REVIEW
Annie Hall adalah sebuah film rom-com klasik yang brilian. Film ini mengeksplorasi momen ups and downs dari hubungan percintaan antara kedua karakter utamanya lewat alur non-chronological. Surprisingly, Woody Allen mengarahkannya menjadi sebuah bentuk refleksi dari karakter utama terhadap hubungannya di masa lalu.  Jadi meski alurnya cukup inkonvensional untuk sebuah film rom-com pada masa itu, namun penuturan seperti ini ternyata efektif karena berhasil dieksekusi dengan baik.

Sebagai sebuah film rom-com, film ini berhasil menyeimbangkan humor dengan masalah serius yang dialami oleh kedua karakter utamanya. Elemen tragis yang ada dalam karakter Alvy dikembangkan menjadi sebuah lelucon yang impresif. Selain itu, meski karakter Alvy sering menembus the fourth wall dan mengacak-acak realitas dengan fantasi, namun rasa realitasnya masih tetap terjaga karena dari awal film penonton sudah diajak untuk berpartisipasi.

Gaya direksi Woody Allen yang outstanding berhasil membuat Annie Hall akan selalu terasa menawan meski sudah ditonton berkali-kali. Hal ini turut didukung dengan naskah yang well-written dan penampilan para pemainnya yang cukup ikonik. Meski begitu, Annie Hall is definitely not everyone's cup of tea. You may or may not like it. Apalagi bagi penonton yang kurang menyukai trademark dari film-film garapan Woody Allen.

Durasi 93 menit 
Sutradara Woody Allen
Penulis Woody Allen, Marshall Brickman
Produser Charles H. Joffe

Sinematografer Gordon Willis

SCORE: 4/5