REVIEW FILM: Only God Forgives (2013)

Posted on Tuesday, June 12, 2018 by Elfrida


SINOPSIS
Billy (Tom Burke) tewas dibunuh secara brutal. Keadaan semakin rumit ketika sang ibu, Crystal (Kristin Scott Thomas), datang dan memaksa adiknya, Julian (Ryan Gosling), untuk membalaskan dendam pada pembunuh kakaknya.

REVIEW
Jangan mengharapkan sebuah kisah kejahatan faktual nan realistik yang bisa dicerna dengan mudah. Only God Forgives justru mengeksplorasi ruang antara mimpi dan realitas dalam konteks yang penuh dengan kekerasan. Penuturannya lambat dengan motif yang samar. Refn memang sengaja membuatnya sulit untuk dipahami. Cerita bahkan para karakternya yang penuh metafora akan terlihat irrational jika dilihat dari kacamata yang realis. Oleh karena itu, butuh interpretasi yang 'liar' agar dapat benar-benar memahami film ini.

Meskipun Only God Forgives bukanlah film yang bisa ditonton secara straightforward, film ini nyatanya berhasil menghipnotis mata para penonton berkat visualnya yang mesmerizing. Lokasi interior dan eksteriornya yang dibalut neon lights berhasil dimanfaatkan dengan cukup apik. Namun sinematografinya yang cantik ini bukan hanya digarap untuk memberikan experience yang menyenangkan secara visual, tetapi untuk memperkuat makna tersembunyi dari karakter dan ceritanya yang dipenuhi ambiguitas.

Durasi 90 menit 
Sutradara Nicolas Winding Refn
Penulis Nicolas Winding Refn
Produser Lene Børglum, Vincent Maraval, Hanne Palmquist, Sidonie Dumas

Sinematografer Larry Smith

SCORE: 4/5