ANALISIS FILM: Punch-Drunk Love (2002) - Barry Egan dan Social Anxiety

Posted on Wednesday, June 27, 2018 by Elfrida


Punch-Drunk Love adalah film yang mengeskplorasi efek dari cinta. Meskipun film ini lebih menitikberatkan pada sebuah hubungan, namun konflik utamanya adalah pertarungan karakter utama dengan dirinya sendiri. Barry Egan yang diperankan oleh Adam Sandler adalah seorang salesman kesepian yang memiliki gangguan mental. Barry adalah karakter yang memiliki kecemasan dalam berinteraksi. Itulah mengapa ia selalu bersikap canggung dan berusaha untuk menghindar dari aktivitas yang memungkinkan terjadinya interaksi sosial.

Ketujuh saudara perempuan Barry berkontribusi besar terhadap gangguan mentalnya. Mereka secara terus menerus mengganggu dan mengingatkan Barry pada permasalahan yang sebenarnya ingin ia lupakan. Keadaan akan semakin memburuk ketika seseorang memprovokasi pikirannya, Barry akan melakukan kekerasan, seperti merusak kaca jendela dan toilet restoran. Kekerasan dilakukan oleh Barry karena itulah satu-satunya cara yang ia ketahui untuk menyikapi kekacauan yang ada di dalam dirinya. 

Barry menciptakan escapism-nya dengan mengumpulkan produk pudding dari Healthy Choice. Ia mengambil keuntungan dari promosi Healthy Choice yang menawarkan frequent flyer miles (semacam perjalanan pesawat gratis) kepada para pembelinya. Bagi Barry, promosi ini adalah sebuah kesalahan marketing yang hanya disadari oleh dirinya. Obsesi terhadap promosi ini seolah memberikan kesan bahwa Barry ingin melarikan diri. Ia merasa terjebak dengan ketujuh saudara perempuannya, masa lalunya, dan pikirannya sendiri.

Menggambarkan seorang karakter dengan social anxiety adalah hal yang tidak mudah. Apalagi tanpa mediskreditkan gangguan itu sendiri. Namun Paul Thomas Anderson berhasil melakukannya. Ia tidak mengasingkan orang-orang dengan gangguan yang sama seperti Barry, justru ia menciptakan narasi pemahaman bagi mereka.

1 comments:

  1. Unknown
  2. berapa film yang sudah tereview?
    saya mau liat dulu satu satu

    kakve-santi(dot)blogspot.com