REVIEW FILM: Mulholland Dr. (2001)

Posted on Wednesday, October 24, 2018 by Elfrida


SINOPSIS
Setelah kecelakaan mobil di Mulholland Dr. membuatnya amnesia, Rita (Laura Harring) bertemu dan ditolong oleh Betty Elms (Naomi Watts), seorang gadis naif yang bermimpi menjadi aktris di Hollywood.

REVIEW
Film ini dimulai dengan sebuah premis stereotipikal yang terkesan dangkal. Namun premis ini ternyata tidak dimaksudkan untuk ditelan bulat. Lynch justru menciptakan kisah klise tersebut sebagai ekspektasi yang menjebak. Mulholland Dr. sebenarnya mengeksplorasi sisi gelap dari jiwa manusia menggunakan mimpi dan realita. Dunia Hollywood yang gemerlap diubahnya menjadi sebuah ilusi yang manipulatif. Hal tersebut turut didukung pula dengan atmosfer kelam berkat balutan psikedelik dan surealistiknya yang kental.

Mulholland Dr. adalah film tentang pencarian makna. Setiap kata, simbol, bahkan detail kecil yang ada di dalamnya perlu direnungkan. Apalagi Lynch mempersulitnya dengan menghadirkan begitu banyak momen absurdist yang tidak memiliki relevansi. Uniknya, kita justru akan terperangkap dan terhipnotis untuk memecahkan puzzle briliannya. Meski begitu, misteri yang disajikan dalam film ini sebenarnya tidak perlu dipecahkan, melainkan proses discovery-nya lah yang harus dinikmati. Maka tidak peduli seberapa banyak kita menontonnya, kita tidak akan pernah merasa puas.

Durasi 146 menit 
Sutradara David Lynch
Penulis David Lynch
Produser Neal Edelstein, Tony Krantz, Michael Polaire, Alain Sarde, Mary Sweeney

Sinematografer Peter Deming

SCORE: 5/5